Segelas Teh Hangat, Sirup dan Kurma

16 Jul 2013

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillah… hari ini kembali disibukkan dengan agenda Ramadhan di kampus halaman. Ya! Anda tidak salah baca. Saya memang menulis frasa kampus halaman. Setelah beberapa hari melepaskan rasa rindu terhadap kampung halaman, pada hari Sabtu kemarin saya kembali di kota Surabaya yang hot ini.

Alhamdulillah juga, hari pertama hingga keempat bulan Ramadhan saya merasakannya di rumah bersama bapak, ibu, adik dan mbah sesuai dengan yang saya inginkan. Meski hari kelima harus kembali ke kampus halaman karena ada amanah sedang menanti untuk diselesaikan.

Selama berada di rumah, tidak ada hidangan tajil ataupun buka puasa yang istimewa. Tajil yang tersedia begitu sederhana, hanya segelas teh hangat yang selalu siap untuk diminum ketika adzan sudah dikumandangkan. Hidangan buka puasa juga tidak ada yang istimewa. Lalapan terong, lauk ikan laut, dan makanan sederhana lainnya masih setia menemani di bulan Ramadhan tahun ini.

Tajil di kampus juga tidak ada yang istimewa. Selama dua hari berburu tajil di masjid Manarul Ilmi ITS Surabaya, yang saya dapatkan hanya segelas sirup dan kurma. Ada juga gorengan yang disediakan oleh panitia acara Kobar (Buko Bareng) di masjid ini, tetapi saya tidak terlalu suka makanan yang berminyak.

Tidak ada istilah tajil favorit dalam kamus Ramadhan saya. Biasanya yang selalu saya nantikan saat datangnya Ramadhan adalah kehangatan keluarga ketika berbuka, sahur dan menjalani puasa di rumah, juga keceriaan bersama teman-teman ketika buka, sahur dan menjalani puasa bersama di kampus halaman. Target-target Ramadhan juga menjadi hal yang seringkali mewajibkan saya untuk tetap terjaga meski mata sudah setengah terpejam.

Karena sebagai seorang muslim yang wajib bersyukur atas semua nikmat yang Allah SWT berikan, tajil favorit saya adalah yang tersedia seperti yang telah saya sebutkan di atas: segelas teh hangat, sirup dan kurma. Alhamdulillah wasyukurillah… Bersyukur memang selalu bisa membuat hati senang :)

Surabaya

7 Ramadhan 1434 H


TAGS ngaBLOGburit


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post