Cinta Tersedia Dalam Banyak Rasa

22 Feb 2012

Sebenarnya pertanyaan Bagaimana rasanya cinta itu? tidak perlu dijawab. Aku yakin si penanya pun tau jawabannya. Okelah, kita jawab saja meski sebenarnya benar-benar tidak perlu dijawab. Cinta itu banyak pilihan rasanya. Kamu mau rasa apa? Tinggal pilih. Ada rasa hambar, ketika cinta tak juga diungkapkan, perhatian menjadi kebiasaan yang benar-benar sudah kehilangan geregetnya. Ada rasa pedas ketika cinta meminta kita untuk cemburu. Ya, cemburu itu pedas. Ada rasa pahit, ketika cinta terkhianati. Ada rasa asam, ketika cinta mengecewakan. Ya, mereka bilang asem ketika dikecewakan. Rasa yang ini pasti kau suka, manis, ketika cinta terbalaskan. Sebenarnya masih banyak lagi rasa cinta yang tersedia di dunia tercinta ini. Bahkan semakin bertambah saja setiap harinya.

Jika dikaitkan dengan subjeknya, ada cinta rasa remaja. Cinta yang masih sangat-sangat muda, belum bisa mengerti apa itu cinta, mereka hanya menjalaninya saja. Ada cinta rasa dewasa. Cinta yang sudah matang, sudah bisa mengerti satu sama lain. Cinta yang sudah bisa menjadi contoh. Ada cinta rasa tua. Cinta yang sangat awet. Menjadi tauladan bagi cinta remaja dan dewasa. Bisa juga dibilang cinta sejati, karena cinta tersebut sudah berhasil melewati waktu yang panjang, dengan banyak rasa di dalamnya.

Cinta juga bisa diganti-ganti rasanya. Ketika cintamu hambar, carilah suasana baru dalam hubungan kalian dan ungkapkan cintamu secepatnya. Ketika cintamu terasa pedas, berilah kepercayaan yang cukup, itu akan menjadi seteguk air yang bisa menghilangkan rasa pedas dari cintamu. Ketika cintamu terasa pahit, carilah madu yang bisa menghilangkan rasa pahit itu, yang artinya adalah orang lain. Ketika cintamu terasa asam, hiburlah dirimu sendiri, buat rasa kecewa itu mengecil bahkan hilang, bukankah kau sering merasa kecewa? Pasti kau sudah tau caranya. Ketika cintamu manis, bersyukurlah.

Rasa cinta juga dapat diciptakan, dengan sengaja ataupun tidak. Rasa hambar tercipta ketika kau masih saja menunggu waktu yang tepat untuk mengungkapkannya. Rasa pedas tercipta ketika kau merasa ada orang yang mengganggu hubunganmu dengannya. Rasa pahit tercipta ketika cintamu tak diharapkan orang yang kau cintai. Rasa asam tercipta ketika janji tak terealisasikan. Rasa manis tercipta ketika kau mampu meraih cintamu.

Rasa cinta juga bisa ditutup dengan rasa yang lain. Ketika kau berkhianat, secara sembunyi-sembunyi menjalin cinta yang lain, kau sedang menutup rasa pahit dengan rasa manis. Yang ini susah. Aku tak dapat mencari contoh yang lain. Begitu juga denganmu, bukan? Tapi tanpa disadari kau pernah menutup rasa yang satu dengan rasa yang lain, mungkin aku juga begitu. Ah aku tau satu contoh lagi. Ketika kau tak mau mengakui kecemburuanmu, kau telah menutupi rasa asam dengan rasa manis, kau bersika seperti biasa, tapi hatimu mendidih.

Cinta itu duniamu. Sejak kecil kau hidup didalamnya. Sejak kecil kau menorehkan kisah cintamu. Sejak kecil kau mengenal bermacam-macam rasa cinta. Sebenarnya sejak itu pula kau tau bahwa rasa cinta bisa kau ciptakan. Jika kau suka rasa manis, jangan berharap pada satu orang yang tidak mau menjadi harapanmu. Menolehlah, mungkin disampingmu atau dibelakangmu ada yang menunggu kau memberi rasa manis cinta untuk kalian nikmati berdua. Jangan mau terus-menerus merasakan rasa cinta yang tak kau sukai. Ciptakan rasa yang kau inginkan. Dan nikmatilah cintamu ;) .

Semoga terjawab ya @SandyHbH

tema-bbc-22-jan


TAGS BLOGGER BICARA CINTA


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post